Imam Syafi’i yang dikenal sebagai pendiri madzhab Syafi’i memiliki nama lengkap Muhammad bin Idris As Syafi’i Al Quraisy. Beliau dilahirkan di daerah Ghazzah, Palestina pada tahun 150 H di bulan Rajab.
Nasab Imam Syafi’i
Beliau
bernama Muhammad bin Idris bin Abbas bin Utsman bin Syafi’i bin Saib
bin Abdu Yazid bin Hasyim bin Abdullah bin Abdu Manaf. Kun-yah
(panggilan kehormatan) beliau adalah Abu Abdullah (bapaknya Abdullah)
dikarenakan salah seorang anak beliau yang bernama Abdullah. Nasab Imam
Syafi’i bertemu dengan nasab Rasulullah Shalallahu alahi wa salam (SAW)
pada Abdu Manaf. Sedangkan Hasyim kakek Imam Syafi’i bukanlah kakek dari
Rasulullah SAW.
Diriwayatkan bahwa ketika beberapa hari setelah ibunda Imam
Syafi’i melahirkan terdengar kabar dari Baghdad tentang meninggalnya
Imam Abu Hanifah. Tatkala diteliti dengan seksama ternyata hari
meninggalnya Imam Abu Hanifah bertepatan dengan saat lahirnya Imam
Syafi’i. Para ulama waktu itu mengisyaratkan bahwa Muhammad yang baru
lahir kelak akan mengikuti derajat keilmuan Imam Abu Hanifah.
Hadits Rasulullah
SAW yang mengisyaratkan kedatangan Imam Syafi’i
Para
ulama telah menelaah sejumlah hadits dari Rasulullah SAW berkenaan
dengan kegembiraan Rasulullah SAW kepada Imam Syafi’i.
Hadits
dari Ibnu Mas’ud beliau berkata: “Rasulullah SAW telah bersabda:
janganlah kamu mencaci-maki Quraisy karena orang alim Quraisy itu
ilmunya akan memenuhi bumi. Ya Allah, Engkau telah memberi siksaan pada
awal Quraisy, maka berilah anugerah pada akhir Quraisy.”
Hadits
dari Ali bin Abi Thalib beliau berkata: “Rasulullah SAW telah
bersabda: jangan kamu mengimami orang Quraisy dan bermakmumlah kamu pada
mereka. Jangan mendahului Quraisy akan tetapi dahulukanlah mereka.
Jangan kamu mengajari Quraisy tetapi belajarlah dari mereka karena ilmu
orang alim Quraisy akan menyebar ke seluruh dunia,”

Kesungguhan Imam
Syafi’i dalam menuntut ilmu
Meskipun dibesarkan dalam keadaan
yatim dan kondisi keluarga yang miskin, tidak menjadikan beliau rendah
diri apalagi malas. Sebaliknya, keadaan itu membuat beliau makin giat
menuntut ilmu. Pada umur 9 tahun beliau telah hafal Al Quran seluruhnya.
Beliau banyak berdiam di Masjid al-Haram dimana beliau menuntut ilmu
pada ulama-ulama dalam berbagai bidang ilmu. Beliau mencatat ilmu-ilmu
yang telah diperolehnya pada kertas-kertas, kulit dan tulang binatang.
Hingga pada suatu hari kamar tempat istirahatnya penuh oleh kertas,
kulit dan tulang. Maka seluruh catatan pada benda-benda itu dihafal oleh
Imam seluruhnya, lalu setelah itu benda-benda tersebut dibakarnya.
Kekuatan
hafalan Imam Syafi’i sangat mencengangkan.
Sampai-sampai seluruh kitab yang dibaca dapat dihafalnya. Ketika beliau
membaca satu kitab beliau berusaha menutup halaman yang kiri dengan
tangan kanannya karena khawatir akan melihat halaman yang kiri dan
menghafalnya terlebih dahulu sebelum beliau hafal halaman yang kanan.
Mengenai
hal ini beliau bercerita: bahwa beliau pernah bermimpi bertemu
Rasulullah SAW dan Rasulullah SAW berkata kepadanya: “Siapa kamu hai
anak muda?” Imam Syafi’i berkata. : “aku
termasuk umatmu, ya Rasulullah” Rasul berkata:
“mendekatlah padaku.” Imam Syafi’i lalu mendekat
kepada Rasulullah SAW, lalu Rasul mengambil air liurnya dan meletakkan
air liur itu ke dalam mulut dan bibir Imam Syafi’i. setelah itu
Rasulullah SAW berkata padanya: “ berangkatlah, semoga Allah
memberkahimu.” Setelah mimpi itu beliau tak pernah
merasa kesulitan dalam menghafal ilmu.
Beliau juga telah
mencapai kemampuan berbahasa yang sangat indah. Kemampuan beliau dalam
menggubah syair dan ketinggian mutu bahasanya mendapat pengakuan dan
penghargaan yang sangat tinggi oleh orang-orang alim yang sejaman dengan
beliau.
Demikian tinggi prestasi-prestasi keilmuan yang telah
beliau capai dalam usia yang masih sangat belia, sehingga guru-gurunya
membolehkan beliau untuk berfatwa di Masjid al-Haram. Ketika itu beliau
bahkan baru mencapai usia 15 tahun.
Kepergian Imam Syafi’i ke Madinah
Imam Syafi’i hidup sejaman dengan Imam Malik bin Anas,
seorang ulama besar pendiri madzhab Maliki. Imam Malik bin Anas juga
dikenal sebagai Ahli Hadits. Beliau menghimpun hadits-hadits nabi dalam
kitab beliau yang berjudul Muwattha’. Imam Syafi’i pernah meminjam kitab
Muwattha’ pada salah seorang penduduk Mekkah dan menghafalnya dalam
waktu singkat. Imam Syafi’i rindu untuk melihat Imam Malik di Madinah Al
Munawwarah dan berharap dapat mengambil manfaat dari ilmu beliau.
Maka
pada suatu hari berangkatlah Imam Syafi’i ke Madinah dengan niat untuk
menuntut ilmu. Dalam perjalanan dari Mekkah menuju Madinah beliau
mengkhatamkan bacaan Al Qur’an sebanyak 16 kali. Malam satu kali khatam
dan siangnya satu kali. Pada hari ke delapan beliau tiba di Madinah
setelah shalat ashar. Beliau shalat di Masjid Nabawi dan berziarah
terlebih dahulu ke makam Rasulullah SAW. Setelah itu baru beliau menuju
kediaman Imam Malik bin Anas.
Ketika Imam Syafi’i menghadap
Imam Malik, beliau berkata: “mudah-mudahan Allah selalu memberimu
kebaikan. Aku adalah seorang penuntut ilmu. Kondisi dan ceritaku begini
dan begini…”
Mendengar perkataan itu Imam Malik merasa kasihan dan bertanya
kepadanya: “siapa namamu?” Imam Syafi’i menjawab:
“Muhammad.” Imam Malik berkata kepadanya; “wahai Muhammad,
bertaqwalah kepada Allah, hindarilah maksiat. Aku melihat di hatimu ada
cahaya. Karena itu janganlah kamu padamkan cahaya itu dengan maksiat.
Sesungguhnya cahaya itu akan menjadikanmu dibutuhkan oleh manusia. “ Imam
Syafi’i menjawab: “ya.” Imam Malik lalu berkata: “kalau
besok kamu masih ada, kami akan mengajarkanmu kitab Muwattha’.”
Imam
Syafi’i berkata: “wahai tuanku, aku telah membaca kitab Muwattha’
sampai hafal.” Imam Malik berkata: “bacalah!” lalu
Imam Syafi’i membaca dan Imam Malik menyimaknya. Ketika Imam Syafi’i
khawatir Imam Malik lelah, maka beliau berhenti. Dan Imam Malik lalu
berkata: “teruskan wahai anak muda, aku akan memperbaiki
bacaanmu.” Demikianlah, maka aktivitas harian Imam Syafi’i adalah
membaca kitab Muwattha’ dibawah bimbingan Imam Malik.
Beliau
pun selalu hadir di majlis ilmu Imam Malik yang menerangkan tentang
hadits-hadits Rasulullah SAW. Imam Malik memuji kuatnya hafalan dan
keluasan pemahaman Imam Syafi’i terhadap ilmu yang dipelajarinya.
Seringkali sehabis membacakan kitabnya, Imam Malik meminta Imam Syafi’i
untuk menyampaikannya kepada orang lain. Imam Malik juga sering
memberikan hadiah kepada sang murid sebagai wujud rasa cinta dan
perhatian beliau kepadanya.
Demikian juga Imam Syafi’i
begitu mencintai gurunya dengan sepenuh hati. Beliau berkata: “Malik
bin Anas adalah guruku. Dari beliau aku belajar dan tidak ada orang
yang aku percaya kecuali Malik bin Anas. Dan aku menjadikan Malik bin
Anas sebagai hujjah (saksi) antara aku dan Allah.”
Kepergian Imam
Syafi’i ke Iraq
Pada waktu
Imam Syafi’i telah menyelesaikan pelajarannya pada Imam Malik, beliau
mendengar kabar tentang Abu Yusuf dan Muhammad bin Hasan yang adalah
murid sekaligus sahabat Imam Abu Hanifah yang sedang berada di Iraq
yaitu di kota Kufah. Beliau ingin sekali bertemu dengan mereka berdua.
Maka Imam Syafi’i lantas memohon izin kepada Imam Malik untuk pergi ke
Iraq. Imam Malik memberi tambahan bekal kepada beliau dan menyewakannya
hewan tunggangan menuju kota Kufah.
Di Kufah,
begitu berjumpa dengan Abu Yusuf dan Muhammad bin Hasan,
mereka berdua sangat gembira dengan kedatangan Imam Syafi’i. Mereka
bertanya kepada beliau tentang Imam Malik bin Anas. Beliau berkata: “aku
telah datang kepadanya.” Salah satu dari keduanya
berkata: “apakah kamu melihat kitab Muwattha’?” Imam Syafi’i
menjawab: “aku telah menghafal kitab tersebut dalam lubuk hatiku.”
Itu
semua telah membuat Muhammad bin Hasan dan Abu Yusuf menaruh hormat
kepada Imam Syafi’i. Muhammad bin Hasan lalu bertanya kepada beliau
tentang masalah thaharah, zakat, jual beli, dan masalah lainnya yang
dijawab dengan jawaban yang sangat bagus oleh Imam Syafi’i. Bertambah
kagumlah Muhammad bin Hasan pada beliau. Kemudian ia mengajak Imam
Syafi’i ke rumahnya dan mengizinkan Imam Syafi’i untuk menyalin kitab
apa saja yan dia inginkan yang ada di perpustakaan miliknya.
Selama
di Kufah, Imam Syafi’i menjadi tamu Muhammad bin Hasan. Ketika beliau
telah selesai mempelajari kitab-kitab di perpustakaan Muhammad bin
Hasan, beliau lantas mohon izin untuk meneruskan perjalanan menuju
Persia dan kota-kota disekitarnya.
Kembali ke Madinah
Ketika beliau di kota Romlah ada serombongan orang
Madinah datang. Beliau bertanya tentang keadaan guru beliau, Imam Malik
bin Anas. Mereka menjawab bahwa Imam Malik dalam keadaan sehat. Imam
Syafi’i merasa rindu dan ingin sekali berjumpa dengan guru yang sangat
dicintainya itu. Maka beliau pun mempersiapkan diri untuk perjalanan
menuju ke Madinah.
Sampai di Madinah, setelah
berziarah ke makam Rasulullah SAW, beliau lantas menuju pengajian Imam
Malik. Ketika Imam Malik mengetahui kehadiran Imam Syafi’i, beliau
memanggilnya dan memeluknya dengan penuh kerinduan. Murid-murid Imam
Malik yang lain merasa terharu melihat peristiwa ini. Imam Malik lalu
membawa Imam Syafi’i duduk disisinya. Beliau berkata: “ajarilah ini,
wahai Syafi’i.” Setelah menyelesaikan pelajaran itu, Imam Malik
mengajak Imam Syafi’i ke rumahnya.
Imam Syafi’i tinggal selama
beberapa tahun di Madinah. Selama itu beliau senantiasa mendapat
perlakuan yang istimewa dan sangat diperhatikan oleh gurunya. Pada bulan
Rabi’ul awwal tahun 179 H Imam Malik bin Anas wafat dan dimakamkan
di pemakaman Baqi’ di kota Madinah. Seluruh penduduk Madinah
tenggelam dalam duka cita karena meninggalnya Imam yang sangat alim dan
mulia ini.
Setelah wafatnya Imam Malik, Imam Syafi’i masih
tinggal beberapa lama di Madinah. Beliau kemudian pergi ke Yaman,
menetap dan mengajarkan ilmunya di sana.
Berita tentang keluasan
ilmu beliau segera saja menyebar ke seluruh negeri. Orang berduyun-duyun
datang untuk menyimak pelajaran yang beliau sampaikan. Ketinggian ilmu
dan ma’rifahnya, baik itu dibidang fiqh, hadits, filsafat, kedokteran,
ilmu falak dan lain-lain membuat khalifah Harun al-Rasyid mengundang
beliau dan meminta beliau untuk mengajar di kota Baghdad. Sejak saat itu
beliau dikenal secara luas dan lebih banyak lagi orang yang datang
menuntut ilmu padanya. Pada waktu itulah madzhab beliau mulai dikenal.
Imam Syafii mengajar banyak orang yang kelak sebagian dari mereka
menjadi ulama-ulama yang besar pula. Diantara murid-murid beliau yaitu
Imam Ahmad bin Hanbal yang kelak dikenal sebagai salah seorang Imam
madzhab juga.
Semua orang, baik dari kalangan pejabat maupun rakyat
sangat mencintai dan mengagungkan kedudukan Imam Syafi’i. Demikian pula
murid-murid beliau begitu menaruh hormat padanya. Ini terbukti ketika
Imam Ahmad bin Hanbal sakit dan Imam Syafi’i membesuknya. Waktu beliau
sampai di rumahnya, Imam Ahmad bin Hanbal langsung turun dari tempat
tidurnya dan meminta Imam Syafi’i untuk duduk di tempat itu. Sedangkan
Imam Ahmad bin Hanbal duduk di tanah dan sewaktu-waktu beliau bertanya
pada Imam Syafi’i.
Ketika Imam Syafi’i hendak pulang, Imam Ahmad
bin Hanbal menaikkan beliau ke hewan tunggangannya. Lalu
Imam Ahmad bin Hanbal naik ke tunggangannya -beliau dalam kondisi sakit-
dengan menerobos jalan dan pasar-pasar Baghdad, sampai ia bisa
mengantar Imam Syafi’i tiba di rumahnya.
Pulang ke Mekkah
Setelah beberapa waktu berada di Baghdad, beliau
bermaksud pulang ke Mekkah. Memakan waktu perjalanan beberapa hari
akhirnya beliau sampai di Mekkah. Waktu itu tahun 181 H. Sebelum masuk
kota Mekkah, beliau mendirikan kemah di luar kota. Penduduk Mekkah
keluar untuk menyampaikan salam dan menyambutnya. Beliau lalu
membagi-bagikan seluruh emas dan perak yang beliau miliki kepada mereka.
Hal itu dilakukan untuk melaksanakan wasiat ibunya ketika beliau datang
ke Mekkah. Begitulah, Imam Syafi’i masuk ke kota Mekkah dalam keadaan
tidak membawa apapun, sama seperti ketika beliau keluar dari Mekkah
dalam keadaan tidak membawa benda apapun.
Beliau tinggal di
Mekkah selama 17 tahun. Selama berada disana beliau mengajarkan ilmu
pada manusia. Madzhab Imam Syafi’i tersebar di antara jamaah haji dan
mereka membawa madzhab tersebut ke tempat asal mereka masing-masing.
Selama
17 tahun tinggal di Mekkah beliau mendengar wafatnya Abu Yusuf dan
Muhammad bin Hasan yang dahulu pernah ditemuinya di kota Kufah. Setelah
itu wafat pula Harun al-Rasyid.
Setelah sekian lama tinggal
di Mekkah beliau lantas kembali ke kota Baghdad. Disana beliau
melanjutkan kegiatan mengajar selama beberapa waktu. Setelah itu beliau
bermaksud hendak pergi ke Mesir. Ketika penduduk Baghdad mendengar akan
kepergian orang mulia ini, maka mereka keluar untuk perpisahan dengan
beliau. Di tengah-tengah penduduk ini ada Imam Ahmad bin Hanbal. Maka
diwaktu itu Imam Syafi’i memegang erat tangan Imam Ahmad bin Hanbal dan
berkata: “sungguh aku rindu akan bumi Mesir. Selain Mesir adalah
bumi yang tandus. Demi Allah, aku tidak tahu untuk kemuliaan atau untuk
kaya aku pindah ke Mesir. Atau pindah ke kubur?”
Seakan-akan
Imam Syafii merasa akan wafat di Mesir dan kuburannya akan berada di
negeri itu. Lalu beliau menangis. Imam Ahmad bin Hanbal dan semua orang
yang menyaksikan perpisahan itu menangis semua. Imam Ahmad bin Hanbal
pulang sambil bercucuran airmata dan berkata pada para penduduk Baghdad:
“ sungguh ilmu fiqh telah tertutup, lalu Allah membukakan ilmu itu
dengan kedatangan Imam Syafi’i.”
Menetap di Mesir
Di negeri Mesir segera saja penduduknya jatuh hati pada
Imam Syafi’i. Para ulama negeri itu juga memuliakannya dan meminta
beliau untuk mengajar di masjid Amru bin Ash. Beliau mengajar sehabis
subuh sampai zhuhur. Imam Syafi’i adalah orang pertama yang mengajar
ilmu hadits di Mesir sampai zhuhur. Setelah itu beliau melanjutkan
pelajaran di rumahnya.
Para ulama dan orang-orang
jenius terpelajar lainnya datang menyimak pelajaran yang beliau
sampaikan baik di masjid maupun di rumah. Di antara orang-orang yang
belajar pada beliau yang kelak menjadi ulama terkenal adalah Muhammad
bin Abdullah bin Hakam, Abu Ibrahim bin Ismail bin Yahya Al-Muzani, Abu
Yaqub Yusuf bin Yahya Al-Buwaiti, Rabi’ Al-Jizi dan lain
sebagainya.
Ketika di Mesir ini pula Imam Syafi’i banyak menulis
kitab yang berisi madzhab beliau. Di antara kitabnya adalah Al-Umm,
Imla’ al-Shaghir, Jizyah, Ar-Risalah dan
lain sebagainya.
Sebagian
dari akhlak Imam Syafi’i
Imam Syafi’i
adalah seorang yang taqwa, zuhud dan wara’. Beliau juga
sangat santun dalam memberi peringatan kepada orang yang melakukan
kesalahan. Hatinya sangat lembut dan dermawan terhadap harta.
Baihaqi
meriwayatkan dari Hasan bin Habib. Dia berkata: “Aku melihat Imam
Syafi’i menunggang kuda melewati pasar sepatu. Tiba-tiba cambuknya jatuh
dan mengenai salah seorang pedagang sepatu. Lalu pedagang sepatu itu
mengusap cambuk untuk membersihkannya dan memberikan cambuk itu pada
beliau. Imam Syafi’i lalu menyuruh budaknya untuk memberikan uangnya
pada pedagang itu.”
Tiada hari yang dilewati beliau
tanpa bershadaqah. Siang dan malam beliau selalu bershadaqah, Apalagi di
bulan Ramadhan. Beliau juga sering mengunjungi fakir miskin dan
menjamin kebutuhan-kebutuhan mereka. Untuk menafkahi keluarganya beliau
berdagang.
Imam Syafi’i sangat baik dalam memperlakukan
kerabat-kerabatnya. Beliau menghormati mereka dan tidak menyombongkan
dirinya. Beliau menghormati orang sesuai posisinya. Imam Syafi’i pernah
berkata: “Paling zhalimnya orang adalah ia yang menjauhi kerabatnya,
tidak mau tahu terhadap mereka, meremehkan dan sombong pada orang yang
memiliki keutamaan.”
Beliau juga senantiasa memaafkan
orang yang berbuat kesalahan kepadanya. Beliau membalas kejahatan dengan
kebaikan dan tidak pernah menyimpan dendam kepada seseorang.
Pujian Ahmad bin
Hanbal kepada Imam Syafi’i
Sewaktu di Baghdad, Imam Syafi’i
selalu bersama Imam Ahmad bin Hanbal. Demikian cintanya pada Imam
Syafi’i, sehingga putra-putri Imam Ahmad merasa penasaran kepada
bapaknya itu. Putri Imam Ahmad memintanya untuk mengundang Imam Syafii
bermalam di rumah untuk mengetahui perilaku beliau dari dekat. Imam
Ahmad bin Hanbal lalu menemui Imam Syafi’i dan menyampaikan undangan
itu.
Ketika Imam Syafi’i telah berada di rumah Ahmad,
putrinya lalu membawakan hidangan. Imam Syafi’i memakan banyak sekali
makanan itu dengan sangat lahap. Ini membuat heran putri Imam Ahmad bin
Hanbal.
Setelah makan malam, Imam Ahmad bin Hanbal
mempersilakan Imam Syafi’i untuk beristirahat di kamar yang telah
disediakan. Putri Imam Ahmad melihat Imam Syafi’i langsung merebahkan
tubuhnya dan tidak bangun untuk melaksanakan shalat malam. Pada waktu
subuh tiba beliau langsung berangkat ke masjid tanpa berwudhu terlebih
dulu.
Sehabis shalat subuh, putri Imam Ahmad bin Hanbal
langsung protes kepada ayahnya tentang perbuatan Imam Syafi’i, yang
menurutnya kurang mencerminkan keilmuannya. Imam Ahmad yang menolak
untuk menyalahkan Imam Syafi’i, langsung menanyakan hal itu kepada Imam
Syafi’i.
Mengenai hidangan yang dimakannya dengan sangat lahap
beliau berkata: “Ahmad, memang benar aku makan banyak, dan itu ada
alasannya. Aku tahu hidangan itu halal dan aku tahu kau adalah orang
yang pemurah. Maka aku makan sebanyak-banyaknya. Sebab makanan yang
halal itu banyak berkahnya dan makanan dari orang yang pemurah adalah
obat. Sedangkan malam ini adalah malam yang paling berkah bagiku.”
“Kenapa
begitu, wahai guru?”
“Begitu aku meletakkan kepala
di atas bantal seolah kitabullah dan sunnah Rasulullah SAW digelar di
hadapanku. Aku menelaah dan telah menyelesaikan 100 masalah yang
bermanfaat bagi orang islam. Karena itu aku tak sempat shalat malam.”
Imam
Ahmad bin Hanbal berkata pada putrinya: “inilah yang dilakukan
guruku pada malam ini. Sungguh, berbaringnya beliau lebih utama dari
semua yang aku kerjakan pada waktu tidak tidur.”
Imam
Syafi’i melanjutkan: “Aku shalat subuh tanpa wudhu sebab aku masih
suci. Aku tidak memejamkan mata sedikit pun .wudhuku masih terjaga sejak
isya, sehingga aku bisa shalat subuh tanpa berwudhu lagi.”
Dilain
kesempatan Imam Ahmad bin Hanbal pernah berkata: “aku tidak pernah
shalat sejak 40 tahun silam kecuali dalam shalatku itu aku berdoa untuk
Imam Syafi’i.”
Abdullah,
putranya lantas bertanya: “wahai ayahku, seperti apa sih Syafi’i,
sehingga ayah selalu

berdoa
untuknya?” Imam Ahmad bin Hanbal menjawab: “wahai anakku, Imam
Syafi’i bagaikan matahari bagi dunia dan seperti kesehatan bagi tubuh.
Lihatlah anakku, betapa pentingnya dua hal itu.”
Abdul
Malik bin Abdul Hamid al-Maimuni berkata: “Aku berada di sisi Ahmad
bin Hanbal dan beliau selalu menyebut Imam Syafi’i. Aku selalu melihat
beliau mengagungkan Imam Syafi’i.”
Wafatnya Imam Syafi’i
Beliau
wafat pada malam jum’at akhir dari bulan Rajab tahun 204 H setelah
mengalami sakit selama beberapa waktu. Setelah isya ruh beliau yang suci
kembali ke Rahmatullah di pangkuan murid beliau, yaitu Rabi’
al-Jizi. Jenazah beliau dimakamkan dengan iringan tangis dan rintih duka
cita dari segenap penduduk Mesir.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar